Senin, 13 Agustus 2012

Bahaya Kesuksesan

Kesuksesan yang sejati bagi orang beriman bukanlah diperoleh bila kita dapat melakukan hal-hal yang membuat banyak orang mengagumi kita, tetapi dicapai bila kita berhasil melakukan kehendak Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Menurut ukuran duniawi, apa yang telah dicapai oleh Raja Nebukadnezar itu merupakan kesuksesan yang amat mengagumkan. Kesuksesan tersebut menimbulkan bahaya yang serius, yaitu bahaya untuk menjadi sombong dan bertindak sewenang-wenang, termasuk menuntut agar dirinya disembah. Hal itulah yang membuat Allah memberikan teguran keras melalui mimpi dan Nabi Daniel menasihati agar Raja Nebukadnezar menjauhi dosa dan melakukan keadilan serta menunjukkan belas kasihan (4:27). Sayangnya, dua belas bulan kemudian, Raja Nebukadnezar mulai membanggakan dirinya sendiri lagi sehingga akhirnya hukuman Allah dijatuhkan dan Raja Nebukadnezar harus hidup seperti seekor lembu.
 
Sampai sekarang, orang-orang yang tergolong sukses menurut ukuran dunia masih terancam oleh dosa, terutama dosa kesombongan. Kesuksesan bisa membuat manusia melupakan anugerah Tuhan dan merasa mampu melakukan apa saja dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Kesuksesan bisa membuat kita mempertahankan kesuksesan itu dengan menjegal orang lain yang memiliki potensi (kemampuan) untuk mencapai sukses. Kesuksesan juga bisa membuat kita menghalalkan segala cara untuk menjaga kesuksesan yang telah kita raih. Kita harus senantiasa waspada agar posisi yang tinggi tidak membuat kita menindas mereka yang berada dalam posisi yang rendah. Kita juga harus selalu berusaha menyeimbangkan kesuksesan kita dengan kerendahhatian dan sikap bergantung kepada Tuhan. 

Daniel 4:27
 
“Jadi, ya raja, biarlah nasihatku berkenan pada hati tuanku: lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas; dengan demikian kebahagiaan tuanku akan dilanjutkan!”


0 komentar:

Poskan Komentar

Admin KMK Poliprofesi Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.